Kamis, 05 April 2012

Sejarah Celana Jeans Dan Saku Kecilnya

Sejarah Celana Jeans dan Saku Kecilnya – Bernama Levi Straus,seorang pemuda berumur 20 tahunan berasal dariBavaria,Eropa.Dialah orang yang pertama kali yangmempopulerkan celana Jeans di Amerika sekitar tahun 1850-an.Pemuda yang sering dipanggil Levi ini berprofesi sebagai penjual pakaian di San Fancisco,Amerika.

Suatu hari di saat Amerika mengalami demam emas,para pekerjapenambang emas di sana ingin membeli kain dagangan Levi.Tapi karena kain dagangan Levi habis terjual,para penambang emas meminta Levi untuk membuatkan celana dari tenda yang biasa digunakan Levi untuk berteduh.Kemudian Levi pun memotongtenda dari kain kanvas untuk dijadikan beberapa potong celana,dan menjualnya kepada para penambang emas.Karena hasil yang memuaskan,akhirnya celana buatan Levi menjadi populer di kalangan penambang emas,dan dinobatkan menjadi celana resmi penambang emas di Amerika.

Sejarah Celana Jeans dan Saku Kecilnya Sejarah Celana Jeans dan Saku Kecilnya

Istilah those pants of Levi’s (Celana si Levi) kemudian muncul untuk menamai celana buatan Levi itu.Istilah tersebut juga lah yang menjadi merk dagang pertama celana Jeans di dunia.

Melihat peluang bisnis dari hasil potongan kain tenda tersebut,Levi menyempurnakan produk asli buatanya.Kemudian ia memesan bahan untuk membuat celana dari Genoa,yaitu kota yang memproduksi celana denim di Italia.

Di Amerika,kata Levi’s bersinonim dengan denim jeans.Kata jeans yang berhubungan dekat dengan denim itu berasal dari bahasa Perancis Genes yang berarti Genoa.

Levi selanjutnya mempromosikan celana buatanya tersebut di Amerika dengan menggunakan nama Blue Jeans.Istilah blue jeans sendiri muncul ketika Levi mencelup celana jeans buatanya dengan warna indigo.Yaitu warna yang dominan dengan warna biru dan merah.

Yang namanya peluang bisnis,tentu saja tidak akan disia-siakan.Seseorang yang bernama Jakob Davis mengajak Levi untuk bekerjasama dalam berbisnis.Di tahun 1880 kerjasama itu menelorkan pabrik celana jeans pertama di dunia,dengan produk pertama diberi nama Levi’s 501.Produk ini di desain khusus untuk para penambang emas.Dengan bertempelkan 5 saku dalam satu celana yaitu 2 di depan,2 di belakang,dan 1 saku kecil di dalam saku depan sebelah kanan.

Saku Kecil pada Celana Jeans
Masih ingat bukan awal mula celana jeans ini dibuat untuk siapa? Ya,celana jeans ini dibuat untuk para penambang emas yang saat itu dibuatkan dari tenda kanvas oleh levi.

Saku kecil yang terletak di dalam saku depan sebelah kanan tersebut,tidak hanya berfungsi sebagai fashion atau hiasansemata.Kantong kecil tersebut juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan butiran emas kecil-kecil yang diperoleh para penambang emas.

Hingga sampai saat ini,Celana Jeans Levis tetap memiliki desain celana dengan saku kecil.Desain tersebut tetap diproduksi untuk mengingat sejarah keberhasilan celana jeans buatan Levi.

Kisah singkat tentang sejarah Celana Jeans dan Saku Kecilnyaini semoga bermanfaat,paling tidak dapat memberi inspirasi positif buat kamu yang membaca postingan di blog ini.Terimakasih kunjunganya kawan.

Sumber:http://krik-krik.com/hiburan/sejarah-celana-jeans-dan-saku-kecilnya.html

LEVI'S VINTAGE CLOTHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar